Saturday, November 17, 2012

membuat Website Gratis dan Mudah

Berikut langkah - langkahnya :

1. Siapkan Domain

Apa itu domain ? jika di ibarat kan di dunia nyata, domain itu adalah sebuah alamat sobat. Baik .com / .co.id/ .net/ .org/ dll. untuk kesempatan kali ini saya mau anjurkan domain yang gratis yaitu .co.cc. Cara untuk daftarnya sudah pernah saya posting sebelumnya klik aja ini : Cara Mendaftar Domain Gratis CO.CC. Setelah sobat dapatkan domain yang sobat inginkan dengan ekstensi .co.cc 

Masih .co.cc sekarang kita setup domainnya. Adanya di menu domain >> Name server >> Setup

rubah  :
name server 1 : ns1.idhostinger.com
name server 2 : ns2.idhostinger.com

ini gambarnya >>
Jika sudah sob, sekarang kita ke tahap selanjutnya.
2. Hosting
Baik selanjutnya kita menuju ke hosting. Hosting itu apa ya? jika sobat bingung mari kita ibaratkan di dunia nyata. Hosting itu ibarat tanah kosong/ kapling. Jadi para penyedia hosting  gratis merelakan beberapa lahannya untuk kita manfaatkan. Cara mendapatkannya sekarangpun mudah. Hal seperti ini pun sudah saya pernah posting sebelumnya, klik aja disini : Daftar Hosting Gratis. tapi jangan lupa balik ke postingan ini lagi sob.
Selainnya dengan domain yang yang di sediakan oleh idhostinger.com (.16mb.com) sobat masukan dengan domain sobat yang sudah dapatkan tadi contohnya domainanda.co.cc ceklist dulu saya ingin menggunakan domain saya sendiri. Seperti gambar di bawah ini :

Setelah itu klik "buat".  Setelah itu tunggu beberapa saat. biasanya untuk perubahan membutuhkan waktu selama 48jam setelah pembuatan.
Jika sobat ingin menggunakan CMS : wordpress, joomla, middle, phpbb, mybb, os commerce, dll. sobat bisa install otomatis dari idhostinger.com langsung. 

Setelah itu silakahan sobat install. Yaitu dengan alamat : domainanda.co.cc.
silahkan sobat ikuti langkah-langkahnya.
contoh cms wordpress uji coba saya :
Jadi kesimpulannya adalah :
Untuk membangun website tidak jauh berbeda dengan membangun suatu bangunan contohnya rumah. untuk membangun rumah sobat membutuhkan tanah / kapling untuk menempatkan bangunan itu kemudian butuh domain sebagai alamatnya agar orang mudah untuk berkunjung. egitupun website jika sobat sudah memiliki domain dan hosting sobat sudah bisa membuat website. Sedangkan CMS itu sebagai aplikasi pembantu agar kita mudah untuk mengelola website kita.

Semoga bermanfaat..

Newer Post Older Post Home

0 comments:

Post a Comment